Rabu, 07 Oktober 2009

Tips Menghadapi Gempa Bumi


Indonesia yang terletak diantara 3 lempeng Tektonik menyebabkan negara kita sering kali dilanda Gempa Bumi. Gempa Bumi sebenarnya dibedakan atas 2 jenis yaitu Gempa Bumi Tektonik dan Gempa Bumi Vulkanik. Gempa Bumi Tektonik seperti yang melanda Yogyakarta, Sumatera Barat, dan Jawa Barat terjadi akibat adanya aktivitas tektonik berupa tabrakan antara 2 lempeng. Sedangkan yang disebut dengan Gempa Bumi Vulkanik adalah Gempa Bumi yang terjadi akibat aktivitas Gunung Berapi yang masih aktif. Mengingat negara kita sering sekali dilanda Gempa, ada baiknya saya menulis sedikit tentang Tips Menghadapi Gempa Bumi yang saya kumpulkan dari Beberapa sumber. Tips Ini semoga bisa membantu kita ataupun sekedar memberikan informasi dan pengetahuan tentang cara Menghadapi Gempa Bumi.

Tips Menghadapi Gempa Bumi:
1. Jika anda berada di dalam ruangan atau rumah, berdiri di jalur pintu, atau berada di bawah meja, Usahakan sebisa mungkin jauhi jendela kaca dan tangga.
2. Apabila anda sedang berada di kendaraan atau sedang mengemudi, jangan langsung rem mendadak kendaraan anda. Cobalah untuk tenang dan berhenti perlahan ke sebelah kiri tetapi jangan berhenti di dekat tiang listrik atau benda apa saja yang gampang roboh.
3. Ketika gempa sedang terjadi, matikan alat-alat yang bisa menimbulkan api contoh kompor dan alat2 elektronik yang sedang terhubung listrik untuk menghindari bahaya kebakaran.
4. Jika anda di kursi roda, kuncilah rodanya dan lindungi leher dan kepala anda.
5. Apabila anda berada di pusat keramaian, carilah tempat berlindung.
6. Jika anda di pusat perbelanjaan, jauhkan diri anda dari kaca jendela baik itu yang berada di dinding maupun di atap, juga hindari rak-rak barang-barang yang berat.

Nah mungkin itu adalah informasi sederhana tentang Tips menghadapi Gempa bumi. Sebenarnya Tipsnya masih banyak lagi tapi yang saya tuliskan diatas adalah Hal yang sangat dianjurkan atau Hal-hal yang harus anda lakukan pertama kali ketika terjadi Gempa Bumi.


Related Posts by Categories



1 komentar:

About Girlsz on 11/16/2009 12:09 AM mengatakan...

wah tipsnya ok juga nih
btw, boleh tukeren link gak???
terima kasih

Posting Komentar

TOLONG DIKOMENTARI YACK CINTA!!

 

My Blog List

Followers

CHIKO ONLEEHH © 2009 Business Ads Ready is Designed by Blogger Toraya Supported by Tadpole's Notez